Keterkaitan Antara Pranata Politik Dengan Pranata Agama, Ekonomi dan Pendidikan

Selasa, 06 November 2012

PRANATA POLITIK


Pranata politik merupakan pranata yang menangani masalah administrasi dan tata tertib umum demi tercapainya keamanan dan ketentraman masyarakat. Pranata yang merupakan pembantunya adalah seperti sistem hukum dan perundang-undangan, kepolisian, angkatan bersenjata, kepegawaian, kepartaian, hubungan diplomatik. Bentuk pranata atau institusi politik yang mengkoordinasi segala kegiatan diatas disebut negara.

Fungsi lembaga politik :
1.    Pelembagaan norma melalui Undang-Undang yang disampaikan oleh badan-badan legislatif.
2.    Melaksanakan Undang-Undang yang telah disetujui.
3.    Menyelesaikan konflik yang terjadi diantara para warga masyarakat yang bersangkutan.
4.    Menyelenggarakan pelayanan seperti perawatan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan seterusnya.
5.    Melindungi para warga masyarakat atau warga negara dari serangan bangsa lain.
6.    Memelihara kesiapsiagaan/kewaspadaan menghadapi bahaya.

PRANATA AGAMA


Pranata agama merupakan sarana bagi manusia untuk berhubungan dengan penciptanya sehingga manusia yang sibuk dengan urusan dunia sehari-hari secara sendiri maupun bersama-sama dengan umat lainnya dapat senantiasa mendekatkan diri pada sang pencipta, karena itu agama sangat penting untuk menyeimbangkan kehidupan manusia yaitu kehidupan duniawi dan ukhrowi.

Fungsi pranata agama :
1.    Sebagai pedoman hidup
2.    Sumber kebenaran
3.    Pengatur tata cara hubungan manusia dengan manusia dan manusia dengan Tuhan
4.    Tuntutan prinsip benar dan salah
5.    Pedoman pengungkapan perasaan kebersamaan di dalam agama diwajibkan berbuat baik terhadap sesama
6.    Pedoman keyakinan manusia berbuat baik selalu disertai dengan keyakinan bahwa perbuatannya itu merupakan kewajiban dari Tuhan dan yakin bahwa perbuatannya itu akan mendapat pahala, walaupun perbuatannya sekecil apapun.
7.    Pedoman keberadaan yang pada hakikatnya makhluk hidup di dunia adalah ciptaan Tuhan semata
8.    Pengungkapan estetika manusia cenderung menyukai keindahan karena keindahan merupakan bagian dari jiwa manusia
9.    Pedoman untuk rekreasi dan hiburan. Dalam mencari kepuasan batin melalui rekreasi dan hiburan, tidak melanggar kaidah-kaidah agama


PRANATA EKONOMI


Pranata ekonomi merupakan pranata yang menangani masalah kesejahteraan material yang meliputi cara-cara mendapatkan barang dan jasa bagi kepentingan masyarakat, mengatur cara-cara berproduksi, distribusi, perdagangan dan konsumsi agar setiap lapisan masyarakat mendapat bagian yang semestinya.
Pranata ekonomi lahir ketika orang-orang mulai mengadakan pertukaran barang, secara rutin membagi tugas dan mengakui adanya tuntutan dari seseorang terhadap orang lain.

Fungsi pranata ekonomi antara lain :
1.    Fungsi Manifest
Ø  Untuk memelihara ketertiban, mencapai konsensus dan meningkatkan produksi ekonomi semaksimal mungkin. Tetapi pada kenyataannya tidak ada satu sistempun yang telah sepenuhnya berhasil mencapai fungsi-fungsi tersebut.
2.    Fungsi Laten
Ø  Merusaknya kebudayaan tradisional, kebiasaan pemilikan tanah kepercayaan agama, organisasi keluarga, tempat pemukiman dan lain-lain.
Ø  Mempercepat rusaknya kelestarian lingkungan.

PRANATA PENDIDIKAN


Pranata pendidikan merupakan pranata yang menangani proses sosialisasi yang intinya menghantarkan seseorang ke suatu kebudayaan. Sebagian pendidikan dilaksanakan tidak resmi dalam keluarga dan kelompok-kelompok lain menurut aspirasi masing-masing.
Proses pendidikan seseorang bisa berlangsung dalam 3 situasi lingkungan :
1.    Keluarga
2.    Sekolah
3.    Masyarakat

Fungsi pranata pendidikan :
1.    Membuat lebih pandai, lebih mudah mencari pekerjaan di masa yang akan datang dan lebih mampu mengembangkan kehidupan masyarakat.
2.    Memperoleh cakrawala yang luas, mereka dapat mengenal daerah lain di dunia yang lebih maju.
3.    Mendapat berbagai ilmu pengetahuan mereka belajar disiplin.
4.    Mereka dapat belajar tenggang rasa dan bisa bersikap demokratis.
5.    Berani bicara sehingga mampu menyatakan pendapat di muka umum dan tidak menjadi orang pemalu.

Ketekaitan antara Pranata Politik dengan Pranata Agama

Hubungannya memandang politik bukan suatu yang kotor, tetapi mulia karena kita lihat dari segi pendekatan moral. Dikatakan politik sebagai sesuatu yang mulia karena politik merupakan kegiatan untuk mendiskusikan merumuskan pemerintahan yang baik sesuai dengan ketentuan dan norma agama.
Contoh : Banyak di negara kita berdiri partai-partai beraliran atau berasaskan agama,sebagai contoh PPP (Partai Persatuan Pembangunan), PKS (Partai Keadilan Sejahtera), PDS (Partai Damai Sejahtera),dll.
  
Keterkaitan antara Pranata Politik dengan Pranata Ekonomi

Hubungannya pranata politik dengan pranata ekonomi misalnya ditandai dengan lahirnya paham ekonomisme dan politisme ( Ramlan Surbakti, 1992). Dalam pandangan ekonomisme, ekonomilah yang menentukan politik, sebaliknya pandangan politisme politiklah yang menentukan ekonomi. Pandangan yang lebih realistik adalah yang memandang antara keduanya terjadi interaksi yang saling mempengaruhi hal ini dapat dilihat secara empirik kehidupan politik yang setabil akan mendorong berkembangnya ekonomi, begitu pula berkembangnya ekonomi akan berpengaruh terhadap perkembangan kehidupan politik yang demokratis. Selain itu pranata politik juga mengatur kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pranata ekonomi seperti mengatur perizinan yang mau berinvestasi, segala perdagangan luar negeri.    



Keterkaitan antara Pranata Politik dengan Pranata Pendidikan

Hubungannya kita memandang dari segi Intelektualnya buat kemajuan bangsa dan negara yang memerlukan peranan pranata pendidikan untuk menghasilkan orang-orang yang pandai yang dapat membuat kebijakan perundangan dan peraturan yang baik agar dapat membangun bangasa kita ke arah yang lebih baik. Disini pranata pendidikan lebih dominan pada pranata politik untuk mengatur dan membuat kebijakan agar tidak terjadi stagnan karena dunia selalu berkembang jadi kita membutuhkan penambahan perundangan,kebijakan dan peraturan ataupun merevisinya.    

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Posts

About Me

Foto Saya
Novicha Malinda Safitri
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

About Us

© 2010 BlackHeart Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls